Suara Alami

Secara umum, tipe suara yang digunakan dalam citra digital adalah speech (perkataan) dan musik
Jika garpu tala dipukul tanjam pada permukaan yang keras, ganggang/tines akan bergetar. Ketika mereka bergetar, udara dikompresi dan dijernihkan dalam waktu getaran. Interaksi antara molekul udara yang berdekatan menyebabkan fluktuasi tekanan berkala untuk disebarkan sebagai gelombang. Ketika gelombang suara tersebut mencapai telinga, hal itu menyebabkan gendang telinga bergetar pada frekuensi yang sama. Getaran tersebut kemudian ditransmisikan melalui mekanisme telinga bagian dalam dan diubah menjadi impuls saraf yang kita tafsirkan sebagai suara nada murni atau alami yang diproduksi oleh garpu tala.

• Semua suara diproduksi dari konversi energi menjadi getaran di udara atau dibeberapa media elastis lainnya. Sebagai contoh, sebuah senar gitar akustik yang dipetik , energi kinetik tangan diubah menjadi getaran disenar gitar yang kemudian ditransmisikan melalui suara dan diperkuat oleh rongga resonan dari gitar .
• Telinga manusia mampu mendeteksi frekuensi suara kira-kira antara 20Hz sampai 20kHz
1. Waveform (Bentuk Gelombang)
Suara yang berlangsung lama , seperti pidato dan musik, menunjukan adanya perubahan frekuensi spektrum suara. Pemeriksaan bentuk gelombang dapat membantu menentukan karakteristik suara. Gambar dibawah ini merupakan contoh pembicara mengatakan “Fiesty teenager” dua kali dengan suatu jeda..

Gambar di bawah ini merupakan bentuk gelombang dari music classic yang dimaikan dengan violin, cello, dan piano. Walaupun terdapat gelombang tinggi yang menunjukan suara yang tinggi, pada gambar tersebut tidak ada ritme yang terlihat jelas sehingga tidak mungkin untuk memisahkannya ke dalam tipe instrument yang berbeda.

Dari beberapa ilustrasi diatas , bentuk gelombang menunjukan jumlah noise dan kedinamisan suara, tetapi tidak menunjukan detailnya , dan tidak mudah untuk menkorelasikannya sebagai suara yang didengarnya. Satu bagian suara dapat dilihat dari keseluruhannya pada satu waktu dengan hubungan interval diantara suku kata atau musik.
Gelombang suara dapat digambarkan dengan rumus matematis atau secara grafik gelombang (waveform). Grafik gelombang menampilkan besar (amplitude) dari gerakan sebagai fungsi waktu. Tiap bentuk gelombang mempunyai karakteristik bentuk dan kombinasi rumit dari komponen frekuensi yang berbeda dan berubah – ubah sesuai dengan durasi waktu dari suara tersebut. Garis tengah dari waveform adalah garis nol yang berfungsi sebagai titik getaran awal (resting point) dari benda. Bentuk gelombang dari benda yang diam adalah garis horizontal pada garis nol.
2. Perception (Persepsi)
• Suara hanya sebagai suatu sensasi pikiran , persepsi terhadap suara tidaklah sesederhana karakter fisik gelombang yang tiba pada telinga kita. Sebagian besar pendengar percaya bahwa suara yang lebih keras memiliki pola titi nada (pitch) yang lebih rendah meskipun frekuensi nadanya sama. Begitu pula, nada yang komplek terkadang seperti memiliki pitch yang lebih rendah dari nada aslinya pada frekuensi yang sama.
• Sebagian besar manusia dengan pendengaran yang baik bisa membedakan suara mereka sendiri dari arah yang berlawanan dalam sebuah ruangan yang berisik meskipun apa yang dikatakan tidak begitu terdengar jelas.
• Otak mengidentifikasi sumber suara atas dasar perbedaan intensitas dan fase antara sinyal diterima dari telinga kiri dan kanan. Jika sinyal identik tersebut dikirim ke kedua
• Karena dimensi psikologis dari suara sebaiknya mempertimbangkan dan menggunakan perhitungan matematika pada saat mereproduksi suara pada proses digitization.
• Pohlmann berpendapat tentang sifat suara dan reproduksi yang harus diingat adalah sebagai berikut: Alat yang canggih sekalipun tidak akan mampu menangkap suara asli secara keseluruhan karena masih ada keterbatasan persepsi manusia yang belum diketahui dan hal ini belum mampu diterjemahkan oleh teknologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s